arsyis

q memang tk sesempurna yang engkau ingin kan
nmun.............
q kan ttep berusaha untuk menjadi yang terbaik untuk mu..
dan pada hari ini memang tak ada kata-kata yang indah yang dapat q brikan padamu atau pn sesuatu yang dapat membuatmu tersenyum..........
namun jiwa q separuh ada pada dirimu......

arsyis'boys

Selasa, 18 Januari 2011

swap area

Original Posted By si_kabayan
Swap space (ruang swap) dalam Linux digunakan ketika kapasitas RAM telah penuh.
Jika sistem ternyata masih membutuhkan ruang memory sementara RAM telah penuh, halaman (bagian) yang tidak aktif (inactive pages) dalam memory dipindahkan ke dalam swap space.

Meskipun nampaknya swap space dapat membantu pada mesin denagn kapasitas RAM yang kecil, swap tidaklah memadai di gunakan sebagai pengganti RAM.
Swap terletak di dalam Hard Drive, dimana HDD ini memliki kecepatan yang lambat dalam hal waktu akses (access time) di banding Random Access Memory.

Swap Space dapat berupa partisi tersendiri yang dikhususkan untuk swap (sangat disarankan), berkas swap, atau gabungan atau kombinasi dari partisi swap dan berkas swap.

Ukuran dari ruang swap disarankan setara dua kali kapasitas RAM komputer Anda, atau 32 MB, tergantung mana yang lebih besar, namun tidaklah lebih dari 2048 MB (2 GB).

Diterjemahkan dari:
Swap Space [redhat.com]


Sebuah partisi/berkas swap dapat di gunakan untuk bermacam installasi Linux bahkan juga dapat digunakan bersama installasi Windows.
Seperti dari artikel diatas, swap lebih dari 2GB adalah mubazir. Komputer dengan RAM 2 atau 4 GB merupakan hal yang jamak sekarang ini.

Rig saya menggunakan RAM 4 GB dengan Debian Lenny 64 bit dan tanpa swap dan belum pernah bermasalah berkaitan kekurangan memory.
Rig ini mampu menampung 4 keping RAM dimana kapasitas maksimal yang umum untuk 1 keping RAM sekitar 2 GB yang berarti dapat dimuati hingga 8 GB.
Bayangkan, 16 GB untuk swap?


Oooo swap itu sama toh dengan virtual memory. thx for the info .

1 komentar:

  1. kalau kapasitas minimal swap berapa ya tolong di bantuuuu?????

    BalasHapus